26 April, 2019

MENULIS ADALAH MEMANGGIL


Siti Halimah 

            Hasrat tak sadar selalu aktif dan selalu siap muncul.” Menurut Freud, dalam buku psikologi sastra Albertine Minderop.
Menulis adalah memanggil
Dan menulis adalah memanggil. Ketika kita lari dari kenyataan tentang adanya suatu kebetulan tidak Tuhan mengatakan bahwa di dunia ini tidak ada yang kebetulan, Ketika saya merasa menulis seperti memanggil. Memanggil tokoh yang warna dalam cerita yang saya Tulis. Aku tak pernah mengerti apakah yang terjadi dengan tanganku ini. Tapi sepertinya tanganku ini menjadi tongkat Harry Porter.
Mengupas cerita yang pernah saya tulis yaitu Anomali Kingdom, tapi bukan anomalia kingdom yang akan saya kupa. Berkaitan dengan sebuah cerita tentunya kita pasti sudah tak asing dengan kisah laila majnun dari negeri timur dan romeo juliet dari negeri barat.  mengupas persamaan cerita antara Laila dan Juliet. Juliet terkenal dengan pasangannya romeo, sedang Lalila terkenal dengan pasangannya juga dengan pada esensinya dalam buku tersebut saya menuliskan kegiatan-kegiatan binatang-binatang yang di luar nalar manusia dan saya imajinasikan dengan kehidupan sekitar saya.
Pada suatu hari saya menulis tentang seekor ular yang asal mulanya saya mempunyai ular itu dari adik saya yang paling kecil, meski ular itu adalah ular mainan yang tidak bias berbicara seperti apa yang saya ceritakan dalam buku saya tersebut. Nah, selang beberapa hari ketika saya pulang dari kontrakan karena memang kebetulan saya tidak tinggal di rumah. Dan ternyata di rumah saya itu ada ular yang benar-benar ada seperti  apa yang saya ceritakan dalam buku. Pun dengan tokoh-tokoh lainya yang saya tulis seperti cikcak, belalakang, belalang sembah, semuat, kucing, ulat, nyamuk bahkan mereka datang ke kamarku. Tapi saya sedikit tidak kanget karena satu-persatu apa yang tulis itu mulai terjadi bahkan menajadi nyata, maka dari sanalah timbul bahwa menulis itu memang memanggil.  
Dalam bukunya joni ariadinata mengatakan bahwa “Imajinasi itulah kekuatan luar bisa yang menjadikan manusia berada pada kondisi sekarang saaat ini “ dalam aku bisa nulis cerpen, halaman 35
Dari hal itu saya bisa sedikit menarik kata bahwa menulis terkadang apa yang ada pada imajinasi membawa kita dalam bawah sadar yang akan terjadi. kelihatannya hanya hasrat tak sadar yang muncul tapi menurut analisis pernyataan di temukan menurut hasrat tak sadar, hasrat yang timbul dari alam sadar yang direpsesi selalu aktif dan tidak pernah mati. Hasrat ini sangat kuat dan berasal dari masa kecil kita.
Berbeda dengan apa yang dikatakan oleh orang-orang Setelah kejadian itupun saya merasa takut untuk menulis. Takut mereka datang dengan tiba-tiba.  Ketika kita melihat sebuah tulisam.
Berangkat dari hal tersebut sebelum saya menulis cerita anomali kingdom ini saya tidak pernah berpikir untuk menulis hal-hal yang ada di sekitar ini.  






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEKALI BERJUMPA