15 September, 2019

ADA TANGGUNG JAWAB YANG HARUS DIJAGA


Grand Hani Lembang


ketika menjadi pembicara berjalan makaitu akan memberikan sentuhan.

kegiatan ini berjalan selama hari satu malam pada tanggal 15-16 Agustus 2019, dan dilaksanakan di Hotel Grand Hani Lembang dengan tema Penguatan Peran Tutor SMA Terbuka dan SMK PJJ di Lingkungan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Provinsi Jawa Barat. tepat pada materi pertama disampaikan oleh Ibu KCD belliau sekaligus membuka kegiatan.   
ada materi yang disampaikan oleh Ibu KCD yang membuat Saya menjadi menjadi berpikir untuk menjadi guru,terutama guru di PJJ karena kebetulan Saya mengajar disebuah SMK sekaligus menjadi tutor di SMK PJJ tersebut. ya, tentang peran guru yang beliau sampaikan:
  1. Guru sebagai pengajar, menyampaikan ilmu pengetahuan, perlu memiliki keterampilan memberikan informasi kepada anak didik di kelas.
  2. Guru sebagai pemimpin kelas, perlu memiliki keterampilan cara memimpin kelompok murid.
  3. Guru sebagai pembimbing, perlu memiliki keterampilan cara mengarahkan dan mendorong kegiatan belajar siswa.
  4. Guru sebagai pengatur lingkungan perlu memiliki keterampilan mempersiapkan dan menyediakan alat dan bahan pelajaran.
  5. Guru sebagai partisipan, perlu memiliki ketarampilan cara memberikan saran, mengarahkan pemikiran siswa di kelas dan memberikan penjelasan.
  6. Guru sebagai ekspeditur, perlu memiliki keterampilan menyelidiki sumber-sumber masyarakat yang akan digunakan.
  7. Guru sebagai perencana, perlu memiliki keterampilan cara memilih, dan meramu bahan pelajaran secara profesional.
  8. Guru sebagai supervisor, perlu memiliki keterampilan mendorong motivasi belajar siswa.
  9. Guru sebagai penanya, perlu memiliki keterampilan cara bertanya yang merangsang kelas berfikir dan memecahkan masalah.
  10. Guru sebagai pengajar, perlu memiliki keterampilan cara memberikan penghargaan terhadap anak-anak yang berprestasi.
  11. Guru sebagai evaluator, perlu memiliki keterampilan cara menilai anak-anak secara objektif, kontinue, dan komprehensif.
  12. Guru sebagai konselor, perlu memiliki keterampilan cara membantu anak-anak yang memiliki kesulitan tertentu. 

Meskipun pendidikan mengalami pergeseran secara digitaldi era sekrang ini, namun teknis tidak akan melulu semua digantikan oleh mesin. Contoh saja pendidikan karakter pada siswa tidak akan ditemukan dalam mesin pencarian. Pelajaran yang handal dan baik itu adalah setiaguru mampu mengaitkan setiap mata pelajaran dengan pendidikan karakter, jangan sampai pendidikan karakter siswa kita diubah oleh mesin, sebab itu perlu sebagaimanapun pembelajaran PJJ atau terbuka itu banyak menggunakan media online, tetap perlu ada tatap muka setiap minggunya. 

Lalu sering ditemukan permasalah ini, adalah  dosa besar terletak ketika anak mencium tangan kita sebagai, kita membuang muka. Jangan begitu, usaplah.

Ada tanggungjawab yang harus dijaga seorang pendidik. Pendididkan bukan hanya sebuah gelar,namun ia dalah proses yang tidak akan pernah berakhir.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEKALI BERJUMPA