15 September, 2019

MELATIH MENTAL

SMKN 1 Cugenang


Praktik bisnis itu melatih mental, katanya.


Saya buka terlebih dahulu dengan kata yang baik untuk pelatihan ini. Pelatihan ini dilakukan pada tanggal 10-12 Sepetember 2019di SMKN 1 Cugenang. Kebetulan juga Saya ditunjuk sebagai MC dan peserta degan secara mendadak, hingga kegiatan ini menjadi hari yang kurang baik yang kesekian kalinya untuk Saya,; Saya harus membohongi diri Saya, Saya harus menyiksa diri Saya dengan mengikuti hal tidak saya sukai. kebetulan juga Saya tidak punya keahlian apapun dalam bidang ini, rasanyayang tidak cocok dengan dunia Saya. 

Tapi kita lupakan hal itu, karena bagi Saya ini adalah hal baru yang harus Saya jalani dengan baik banyak sekali yang bisa pelajari kegiatan pada kali ini. Ya,karena dunia ini bukan hanya sekadar yang disukai, tapi juga yang tidak disukai.

Ada beberapa hal yang saya dapatkan dalam kegiatan ini, dengan segala keterpaksaan. Ya, hal ini bisa saja menjadi alternatf siswa untuk memilih atau mengerjakan apa yang mereka sukai, juga bisa membentuk softkill siswa sebagai calon wirausaha. 

Lalu Saya mendapatkan juga metode pembelajaran Sikepo untuk dunia marketing, didunia memang bukan dunia Saya.ini bisa diterapkan dalam hal apa saja. pertama memiliki empati dan bisa secara langsung observasi/pengamatan peluang usaha, kedua etos kerja yaitu dengan kepepet dan kontrak beajar dengan siswa, ketiga bisa menimbulkan juga kerjasama tim yaitu praktik bisni online,lalu jujur hingga mendapatkan omset.   






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEKALI BERJUMPA